Sabtu, 13 Oktober 2018

PENYEBAB MATA KERING SAAT HAMIL

PENYEBAB MATA KERING SAAT HAMIL

Pada kondisi wanita hamil tentu akan mengalami banyak perubahan emosional serta fisik selama masa kehamilannya. Kondisi tersebut dipicu oleh terjadinya perubahan hormon yang ada di dalam tubuh.

Salah satu masalah yang sering dikeluhkan ialah kondisi yang berkaitan dengan organ mata seperti gangguan mata kering dan penglihatan menjadi kabur. Wanita hamil dengan penyakit diabetes pun rentan terhadap terjadi nya beberapa komplikasi penglihatan, seperti; pendarahan pada mata, dan penglihatan menjadi kabur.

Kondisi mata kering pada saat hamil sering dengan istilah sindrom mata kering. Pada umum nya mata kering pada wanita hamil disebabkan karena kondisi perubahan jumlah atau jenis air mata yang dihasilkan, sehingga air mata menjadi tidak cukup lembab.

Ada beberapa gejala yang dirasakan pada saat terkena mata kering:

  1. Mata menjadi merah
  2. Mata terasa seperti berpasir
  3. Kondisi mata menjadi semakin parah
  4. Kelopak mata menjadi lengket pada saat bangun tidur
  5. Mata menjadi lebih mudah berair pada saat ada angin

Penyebab Mata Kering Saat Hamil

  • Perubahan hormon

Pada saat hamil, produksi hormon androgen dalam tubuh akan menjadi menurun dan bisa menyebabkan mata kering. Pada umum nya hal tersebut akan terus terjadi hingga setelah proses kelahiran dan menyusui.

Selain itu, banyak wanita yang tercatat mengalami kondisi mata perih atau terasa ada yang mengganjal di dalam nya. Mata kering pada saat hamil juga bisa menyebabkan mata wanita hamil menjadi lebih sensitif terhadap cahaya yang menyilaukan dan kadang terasa gatal.
  • Penurunan produksi air mata

Perubahan hormon juga bisa mempengaruhi penurunan proses produksi air mata oleh kelenjar air mata yang bisa menyebabkan mata kering pada wanita hamil. Selain itu, wanita hamil juga bisa merasakan mata perih dan terasa ada yang mengganjal.

Mata kering padaa saat hami juga bisa membuat wanita menjadi lebih sensitif pada cahaya yang menyilaukan.
  • Perubahan kelenjar minyak

Kelenjar minyak yang terdapat pada wanita biasanya akan mengalami perubahan selama ia ada pada masa kehamilan. Perubahan kelenjar tersebut dapat menyebabkan banyak wanita hamil lebih rentan terhadap masalah jerawat.

Perubahan kelenjar juga dapat menghambat proses produksi lipid serta kelenjar minya yang biasa berguna untuk melembabkan mata. 

Akibatnya kondisi tersebut mengubah produksi air mata yang dibutuhkan mata. Pada saat mata berkedip dan menggosok mata, akan membuat mata menjadi lebih kering.
  • Penyebab lainnya

Proses kehamilan bisa mempengarungi fungsi lapisan pada air mata, sehingga menyebabkan mata menjadi kering. Hal tersebut dipengaruhi oleh peningkatan reaksi imun atau kekebalan tubuh pada sel saluran lakrimal atau kelenjar air mata dan kerusakan sel tertentu yang diakibatkan oleh hormon prolaktin.

Selain itu, mata kering juga dapat dipengaruhi oleh dehidrasi yang disebabkan oleh adanya mual dan muntah pada saat hamil serta penggunaan obat antimual.

Ituah sedikit ulasan mengenai Penyebab Mata Kering Saat Hamil, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar